Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net

Selasa, 04 Juni 2013

Cara Disable Update Otomatis

 
Chrome, browser yang satu ini memang cepat sekali perkembangannya dan menjadi favorit bagi internet surfer selain Firefox, karena sama-sama memiliki fitur yang beragam. Namun artikel berikut hanya akan mengulas Cara Men-Disable Update Otomatis Google Chrome. Mengapa perlu di-disable? Bukankah akan lebih bagus menggunakan Chrome yang selalu terupdate, mungkin kamu berpikir begitu ?

Menggunakan Chrome (maupun software lain) yang selalu terupdate memang benar akan lebih bagus. Tapi kadang kita akan menjadi sangat terganggu bila pada saat sedang asyik online, tiba-tiba secara perlahan Chrome mengalami kinerja melambat atau bahkan macet. Terutama hal ini terjadi apabila kita menggunakan internet dengan bandwith yang terbatas ditambah komputer dengan performa biasa. 


Biasanya sebelum melakukan update berupa penginstalan penyempurnaan fitur-fiturnya,  didahului dengan check update otomatis. Jadi apabila kita tidak ingin terganggu oleh aktifitas update otomatis yang kadang mempengaruhi performa komputer secara keseluruhan, sebaiknya disable update dari chrome. Indikasi chrome melakukan update bisa dilihat pada task manager, dimana terdapat aktifitas Google Update pada process.

Men-disable update Chrome berguna bagi kamu yang kebetulan bekerja sebagai administrator jaringan di warnet atau kantor. Ketimbang menerima keluhan dari boss, customer atau pemakai dikarenakan melambatnya komputer saat Chrome melakukan update otomatis, akan lebih baik disable saja update otomatis dari Chrome. Bayangkan jika ada lebih dari 5 komputer pada jaringan, sedangkan bandwith terbatas, pemakai  tentunya tidak akan nyaman, terlebih jika Chrome mengupdate secara bersamaan.

Jadi, begini langkah-langkah untuk men-disable update Google Chrome (windows XP & windows 7) :

1. Langkah awal yaitu dengan menambahkan template ke Group Policy Editor. Untuk Windows; caranya terlebih dahulu Download Window Group Policy Template berikut "Google Update Administrative Template" dari situs Google.

2. Buka grup policy editor, caranya pada START >> RUN >> ketik gpedit.msc >> tekan ENTER, kemudian muncul  gambar dibawah :
group_policy_editor

3. Klik Local Computer Policy - Computer Configuration – Administrative Templates
4. Lanjut dengan klik Action >> Add/Remove Templates pada Menu Bar.
5. Akan muncul pop up box, klik Add  dan carilah file tempat kamu menyimpan file GoogleUpdate.adm yang sudah didownload tadi ( Langkah No. 1. ) dan tutup kembali. Klik Close.
add_templates

6. Setelah itu sekarang seharusnya kamu sudah bisa melihat Local Computer Policy - Computer Configuration - Administrative Templates – Google
7. Langkah untuk mendisable chek update Chrome adalah tinggal menuju item tadi, Administrative Templates - Google - Google Update - Applications - Google Chrome.
8. Kalau sudah ketemu klik Google Chrome, disebelah kanan akan kamu lihat Update Policy Override, klik 2x. Muncul pop up box seperti dibawah :
enabled

Klik Enable, kemudian pada pilihan “policy” dibawahnya klik pada “Updates Disable” dilanjutkan klik OK.
9. Selesai. Sekarang google chrome sudah tidak akan melakukan check update dan update otomatis lagi
 
Caranya : kamu bisa mengupdate chrome dengan chrome offline installer (TANPA LANGSUNG MELALUI BROWSER). Ini adalah installer alternatif; dimana tidak memerlukan koneksi jaringan untuk menginstal Chrome – dengan pengertian komputer kamu tetap terkoneksi internet tapi bukan meng-update langsung melalui browser – sehingga dapat menginstal bahkan ketika sedang offline. Dengan kata lain mendownload langsung update terbaru secara penuh dalam sebuah file installer.


Setelah klik link diatas, akan diarahkan menuju halaman download Google Chrome, pada halaman tersebut akan ditanyakan berupa dua opsi, pilihlah yang sesuai. Setelah terinstal, Chrome akan berusaha untuk secara otomatis memperbarui ketika mendeteksi bahwa versi terbaru dari browser tersedia.

Namun, Google sendiri menyarankan agar pengguna mem-bookmark halaman ini dan datang kembali secara berkala untuk secara manual men-download versi terbaru dari Chrome. Dengan begitu, pengguna dapat yakin untuk menerima perbaikan keamanan penting dan perbaikan fitur.

0 komentar:

Posting Komentar

About

Harry Potter And The Deathly Hallows Book

"Find me on Social Media"

Facebook  Twitter  Google+ 
Welcome to my blog

Burung Twitter

Source: http://www.amronbadriza.com/2012/06/cara-memberi-burung-twitter-terbang-di.html#ixzz2KTVIhBct

Taburan Bintang

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers